Silsilah Yesus Kristus (perbandingan)

on Jumat, 15 April 2011

Perbandingan Silsilah Yesus menurut Matius 1:1-17 dan Lukas 3:23-37

Injil Matius memandang Yesus sebagai Raja, sehingga memiliki silsilah yang jelas. Yesus disebut Anak Daud, Singa Yehuda

Menurut Injil Matius (dari Abraham s/d Yesus):
Abraham - Ishak – Yakub(=Israel) - Yehuda – Peres(dari Tamar) – Hezron – Ram – Aminadab – Nahason – Salmon – Boas(dari Rahab) – Obed(dari Rut) – Isai – Daud – Salomo(dari Batsyeba, isteri Uria) – Rehabeam – Abia – Asa – Yosafat – Yoram – Uzia – Yotam – Ahas – Hizkia – Manasye – Amon – Yosia - Yekhonya(pada waktu pembuangan ke Babel) – Sealtiel – Zerubabel – Abihud – Elyakim – Azor – Zadok – Akhim – Eliud – Eleazar – Matan – Yakub – Yusuf(suami Maria) – Yesus(yang disebut Kristus).

                         14                         14                                                14
Abraham  ----------->  Daud  ---------->  Pembuangan Babel  --------->  Kristus

Dalam silsilah Adam tidak ada nama perempuan yang dicatat (Kej 5:1-32) tetapi dalam silsilah Yesus, ada lima perempuan yang disebutkan namanya. Dari lima perempuan itu, hanya satu yang masih perawan, yaitu Maria, melalui Maria Yesus dilahirkan secara langsung.

Sedangkan Tamar, Rahab, Rut dan Batsyeba ~ sebagian bukan orang Yahudi, sebagian menikah lebih dari sekali dan tiga orang di antaranya malah penuh dosa. Penjelasannya sebagai berikut:

Tamar adalah menantu Yehuda tetapi akhirnya bersetubuh dengan Yehuda (tidak sengaja karena dianggap perempuan sundal) dan melahirkan dua anak kembar, yaitu Zerah (tertua) dan Peres = ”alangkah kuatnya engkau menembus keluar”, yang akhirnya menjadi nenek moyang Yesus (Kej 38:1-30) ~ setelah peristiwa itu Yehuda tidak dersetubuh lagi dengan Tamar (ayat 26).

Rahab adalah seorang perempuan sundal di Yerikho, tetapi sudah berpaling kepada Allah dan umatNya dan menikah dengan Salmon/Salma, pemimpin suku Yehuda, dan melahirkan Boas, orang yang saleh (Yosua 2:1; 6:22-25; 1 Taw 2:10-11) ~ Rahab merupakan salah satu saksi iman (Ibrani 11:31)

Rut adalah orang Moab, menantu Naomi, dimana suaminya telah meninggal dan ia bersikeras ikut dengan Naomi untuk kembali ke Betlehem. Menikah dengan Boas, seorang sanak dari pihak suami Naomi, seorang yang kaya raya dari kaum Elimelekh (Rut 4:13).

Batsyeba adalah istri Uria, tentara Daud, yang direbut Daud dari suaminya dengan jalan ’mengorbankan’ Uria di medan pertempuran. Melauinya, Daud mempunyai seorang anak yang bernama Salomo (2 Sam 12:24).

Maria adalah seorang perawan, tunangan Yusuf. Mereka belum menikah sewaktu mengandung bayi Yesus, bahkan tidak bersetubuh sampai bayi Yesus lahir (Mat 1:24-25).

Menurut Injil Lukas (dari Adam, manusia pertama s/d Yesus):
Yesus – Yusuf – Eli – Matat – Lewi –Malkhi – Yanai – Yusuf – Matica – Amos – Nahum – Hesli – Nagai – Maat –Matica – Simei – Yosekh – Yoda – Yohanan – Resa – Zerubabel – Sealtiel – Neri – Malkhi – Adi – Kosam – Elmadam – Er – Yesua – Eliezer – Yorim – Matat – Lewi – Simeon – Yehuda – Yusuf – Yonam – Elyakim – Melea – Mina – Matata – Natan – Daud – Isai – Obed – Boas – Salmon – Nahason – Aminadab – Admin – Arni – Hezron – Peres – Yehuda – Yakub – Ishak – Abraham – Terah – Nahor – Serug – Rehu – Peleg – Eber – Salmon – Kenan – ArpakhsadSem – Nuh – Lamekh – Metusalah – Henokh – Yared – Mahalaleel – Kenan – Enos – Set – Adam(anak Allah)

 ~  Keturunan Adam (Kej 5:1-32)
 ~  Keturunan Sem (Kej 11:10-26; 1 Taw 1:24-27)

Perbandingan Silsilah Yesus Antara Injil Matius Dan Lukas:
Matius ~ Dimulai dari Abraham (bapa ras yang terpanggil), yang meliputi orang Israel sejati (Roma 9:6-8) dan kaum beriman dalam Kristus (Gal 3:7, 9, 29)
Lukas ~ Dimulai dari Adam (bapa ras ciptaan), untuk membuktikan bahwa Yesus adalah ”manusia tepat” yang memenuhi syarat menjadi penyelamat umat manusia, sehingga dimulai dari generasi pertama umat manusia.

Perbandingan Keturunan Sem Antara Injil Lukas Dgn Kejadian 11:10-26
Lukas ~ Terdapat nama Kenan dan Salmon (antara Arpakhsad dgn Eber)
Kejadian ~ Terdapat nama Selah (antara Arpakhsad dgn Eber) ~ dijelaskan lagi dalam Kej 10:24-25 dan 1 Taw 1:18-19

0 komentar:

Posting Komentar